Link.Dialah

twitter facebook google plus rss feed email

Hosting Promo

HOSTING MURAH MENYAMBUT  TAHUN 2016
Selasa, 15 Oktober 2013

Aliran Dan Ajaran Dalam Islam

Aliran dalam Islam mulai tampak pada saat perang Siffin (37 H) khalifah 'Ali bin Abi Thalib dengan Mu'awiyah. Pada saat tentara 'Ali dapat mendesak tentara Mu'awiyah maka Mu'awiyah meminta diadakan perdamaian. Sebagian tentara 'Ali menyetujui perdamaian ini, dan sebagian lagi menolaknya. 

Kelompok yang tidak setuju diadakan perdamaian akhirnya memisahkan diri dari 'Ali dan membentuk kelompok sendiri yang akhirnya terkenal dengan nama Khawarij. Mereka menganggap Ali, Mu'awiyah dan orang-orang yang menerima perdamaian ini telah berbuat salah (dosa besar) karenanya mereka bukan mukmin lagi dan boleh dibunuh. 

Masalah besar diatas kemudian menimbulkan 3 aliran teologi dalam Islam yaitu : Khawarij, Murji'ah dan Mu'tazilah. 

Masalah kepemimpinan ini kemudian menyebabkan munculnya kelompok yang menganggap yang berhak memegang jabatan Khalifah  adalah 'Ali dan keturunannya (Syi'ah) dan kelompok yang berseberangan dengannya (Ahlus Sunnah wal Jama'ah). 

Dan akibat pengaruh agama lain dan filsasat pada umat Islam maka muncullah kelompok yang menyatakan bahwa manusia mempunyai kebebasan dalam berkendak dan perbuatannya (Qadariyyah) dan kelompok yang berpendapat sebaliknya (Jabariyyah). Setelah itu banyak bermunculan aliran-aliran baru dalam agama Islam. Dalam tulisan yang singkat ini penulis berusaha        menguraikan aliran-aliran Islam yang ada terutama yang ada di Indonesia dan pendapat-pendapat mereka.
Miliki Ebooknya  Secara gratis.


Ebook Aliran Aliran Dalam Islam

Judul Buku : Aliran Aliran Dalam Islam
Penulis : Farid Zainal Effendi
Halaman : 30
Format : Pdf
Size : 32 Kb




0 komentar:

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Archive